Selasa, 08 Maret 2011

Dasar - dasar permainan basket

Pastinya kalian semua udah tahu dong sama olahraga basket ?????? basket memanglah olahraga yang sangat menyenangkan (bagi yang suka sihh...). Kalau ingin main basket, pastinya kita juga harus mengetahui dasar-dasar dari permainan basket itu sendiri. Banyak orang yang bisa bermain basket tapi dia tidak mengetahui dasar-dasar dari permainan basket. Tapi ga usah khawatir !!! karna di sini, saya akan mengulas sedikit tentang dasar-dasar dalam permainan basket. Berikut teknik dasar dalam permainan basket:

A. PASSING & CATCHING
     Mengoper sangat erat hubunganya dengan menangkap. Walaupun kelihatanya mudah, namun mengoper tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengoper, diantaranya adalah:
  • Usahakan arah bola terhindar dari serobotan lawan (intersept)
  • Waktunya harus tepat
  • Hindari lemparan menyilang
     Sedangkan untuk melakukan operan dengan baik, kita harus menguasai teknik melempar dan menangkap bola, antaranya:
  • Chest Pass ( Operan dada)
  • Bounce Pass (Operan pantulan)
  • Over Head Pass (Operan di atas kepala)
  • Baseball Pass (Operan jarak jauh/fast break)
     Untuk yang masih pemula biasanya hanya diajarkan 3 teknik seperti yang telah disebutkan di atas. Setelah sudah mahir dalam melakukan gerakan yang lain, barulah akan diajarkan teknik baseball pass.
B. DRIBBLING
      Dribbling/menggiring adalah membawa bola ke segala arah sambil dipantul-pantulkan. Dengan dribbling, kita dapat menghindari lawan dengan memantulkan bola menjauhi lawan dan menangkapnya lagi ketika sudah melewati lawan. Ada beberapa cara menggiring boal:
  •  Menggiring bola rendah (untuk mngontrol bola)
  • Menggiring bola tinggi (untuk kecepatan)
  • Menggiring campuran
     Menggiring bola dapat dilatih dengan hal yang mudah terlebih dahulu yaitu dengan sikap ditempat atau berhenti kemudian berjalan lalu berlari. Setelah agak mahir, barulah diberikan latihan dengan rintangan untuk lebih meningkatkan keahlian dalam dribbling/menggiring bola.
C. SHOOTING
     Menembak/shooting adalah sasaran akhir dari setiap permainan. Dasar-dasar teknik menembak sebenarnya sama dengan teknik operan. Disamping itu, tepat tidaknya mekanika gerakan dalam menembak juga menentukan baik buruknya tembakan tersebut. Shooting/menembak harus dilakukan sesering mungkin untuk melatih untuk merasakan gerakan dengan benar serta untuk melatih ketepatan. Untuk para atlit junior biasanya penekanan latihan pada dua macam cara dalam melakukan shooting atau menembaknya antara lain:
  • One Hand Shoot (tembakan dengan menggunakan satu tangan)
  • Two Hand Shoot (tembakan dengan menggunakan dua tangan)
D. PIVOT
     Dalam permainan basket seorang pemain yang sedang memegang bola tidak boleh melangkah walaupun itu hanya satu langkah. Pivot adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengatasi peraturan tentang diperkenankannya seorang pemain yang memegang bola sambil jalan atau lari. Untuk menghindari bola dari serobotan lawan maka pemain diperbolehkan melakukan pivot. Garakan berporos/pivot adalah suatu usaha mengubah arah hadap badan kesegala arah dengan satu kaki tetap sebagai poros (tumpuan). Kaki poros tidak boleh terangkat atau tergeser dari tempatnya, sementara kaki yang lain boleh bergerak atau melangkah kesegala arah, khususnya pada saat memegang bola, sebab dipergunakan agar bola dapat dijauhkan dari jangkauan lawan. Pivot dibagi atas beberapa bentuk, diantaranya:
  • In Front Pivot (front turn)
  • Reverse Pivot (reverse turn)
D. REBOUND
      Merayah bola (rebound) merupakan suatu usaha untuk mengambil atau menangkap bola yang datangnya memantul dari papan pantul atau keranjang akibat dari tembakan yang tidak berhasil. Merayah bola merupakan teknik dasar yang perlu dikuasai oleh seorang pemain, karena kemenangan dalam merayah bola merupakan suatu kesempatan untuk melakukan serangan berikutnya. Dalam teknik ini dibagi atas 2, yaitu:
  • Defensive Rebound (merayah bola pada saat bertahan)
  • Offensive Rebound (merayah bola pada saat menyerang)
     Rebound atau merayah bola dilakukan sesering mungkin karena memerlukan ketepatan waktu (timing) yang baik. Sebaiknya saat masih yunior diberikan sehingga para pemain sudah dapat merasakan gerakan dengan baik dan mempunyai ketepatan waktu (timing) dan menutup lawan.

     Naahh ..... Itu tadi sekilas teknik dasar dari permainan basket. Semoga dapat membantu anda yang ingin belajar basket. kalau ada kesalahan atau kekurangan maapinn ya .... ^_^

sumber : kreasijaskes.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda artikel ini?